Tujuan Sistem Informasi dari sebuah Hotel itu sendiri yaitu:
1. Lebih
meningkatkan pelayanan Hotel
2. Agar data-data
yang ada di Hotel tersebut bisa tersusun rapihY
3. Kemudahan
dalam pencarian kamar yang kosong, kelas kamar dan lain-lain yang berhubungan
dengan Hotel.
4. Meningkatkan
citra pelayanan Hotel tersebut.
Berdasarkan definisi di atas, maka kita dapat membagi Sistem
Informasi Manajemen menjadi 5 komponen utama guna menunjang terlaksanana
penerapan sistem informasi yang benar dan sesuai kebutuhan:
- Software (Sistem Informasi Manajeman Hotel)
- Hardware (Perangkat Kerasa berupa Komputer, printer dan
lainnya)
- Networking (Jaringan LAN, Wireless dan lainnya)
- SOP (Standar Operasional Prosedur)
- Komitmen (Komitmen semua unit/instalasi yang terkait untuk
sama-sama mejalankan sistem karena sistem tidak akan berjalan tanpa di Input)
- SDM (sumberdaya manusia adalah factor utama suksesnya sebuah
sistem dimana data diinput dan di proses melalui tenaga-tenaga SMD tersebut)
Sistem Informasi Manajemen saat ini merupakan sumber daya
utama yang mempunyai nilai strategis dan mempunyai peranan yang sangat penting
sebagai daya saing serta kompetensi utama sebuah organisasi dalam menyongsong
era Informasi ini sebuah system informasi juga harus disertai datanya,
prosesnya dan informasinya pada sebuah hotel berikut penjelasannya :
Data
Pengumpulan data digunakan untuk memperoleh data-data
yang dibutuhkan dalam sebuah system informasi, contoh pengumpulan data disebuah
hotel ketika tamu menuju receptionist dan menyanyakan kamar yang kosong kemudian
tamu memesan kamar yang dipilihnya dan kasir pun memasukan data ke komputer
tersebut bahwa kamar nomer sekian telah dipesan oleh tamu, isi data tersebut
yaitu nama tamu, nomor kamar, tanggal kedatangan tamu ke hotel, untuk berapa
hari, kelas hotel yang akan di inapkan dan berapa kamar yang akan ditempati
untuk menginap. Semua itu akan dimasukan kedalam sebuah program yang telah
dibuat oleh pihak hotel. Contoh gambar.
Proses/Pengolahan Data
Pengertian pengolahan data adalah
suatu proses merubah informasi tanpa nilai apapun kemudian dilakukan suatu
kegiatan sehingga informasi tersebut dapat memberikan suatu yang berharga bagi
suatu organisasi sehingga organisasi tersebut dapat mengambil suatu keputusan.
Langkah utama pengolahan data adalah :
- Input
Merupakan suatu proses memasukan data kedalam alat input
- Proses atau
pengolahan
Merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan
oleh alat pemroses, seperti perhitungan, perbandingan, klasifikasi, pengurutan,
pengendalian atau melakukan penyimpanan
- Output Merupakan
proses menghasilkan dari hasil pengolahan data yaitu berupa informasi
Contoh Gambar.
1. Pengecekan pesanan
dilakukan pada saat tamu memesan kamar
2. Penjelasan
proses 2 :
1. Pemberitahuan konfirmasi pesanan dilakukan setelah tamu
memesan kamar dan setelah dilakukan pengecekan kamar.
3. Penjelasan
proses 3 :
1. Pendataan tamu
dilakukan pada saat tamu sudah mendapatkan pesanan kamar yang diinginkan.
2. Pendataan
pembayaran dilakukan pada saat tamu selesai melakukan penyewaan kamar
4. Penjelasan
proses 4 :
1. Pencetaan
kwitansi dilakukan setelah tamu melakukan transaksi pembayaran
5. Penjelasan
proses 5 :
1. Pembuatan
laporan akan diberikan kepada Generl Manajer sebagai bahan untuk pengambilan
keputusan
2.
Laporan-laporan tersebut merupakan informasi yang di hasilkan oleh
sistem.
Informasi
Informasi adalah
data yang di olah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang
menerimanya. Kualitas Informasi adalah kualitas dari sistem informasi
tergantung dari beberapa hal, yaitu
a. Akurat
Akurat berarti
informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau
menyesatkan.
b. Tepat pada waktunya
Tepat pada
waktunya berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat,
informasi yang sudah lama tidak akan memiliki nilai lagi.
c. Dapat dipercaya
Informasi
tersebut berasal dari sumber yang dapat dipercaya, sumber tersebut juga telah
teruji tingkat kejujurannya.
Laporan yang dihasilkan oleh bagian pengolahan data pada Hotel adalah laporan pembayaran dan pendataan tamu, ini dikerjakan masih manual
sekalipun dalam penggunaannya menggunakan computer. Kemudian hasilnya akan
diserahkan kepada pihak manajer dalam bentuk sebuah informasi yang berkualitas.
Referensi : http://bagusdarmawan23.blogspot.co.id/2014/02/contoh-sistem-informasi-di-sebuah-hotel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar